Membaca Eric Wolf


Pagi yang buta. Sebentar lagi menjelang terang. Mata belum terkantuk. Pathways of power dan Europe People Without History milik Eric Wolf masih tergeletak disamping laptopku. Membaca kedua buku ini memang seakan menjelajahi pemikiran Marx dalam konteks yang lain. Jika biasanya membaca Marx dalam konteks gerakan maka marx ditangan Wolf seakan hidup dalam konteks sejarah dan budaya. Memang Wolf bukan orang pertama yang membaca Marx dalam antropologi. Tetapi bagi saya ia yang membumikan dan mempopulerkan pemikiran Marx dalam kajian antropologi. Ia mengotak-atik mode of production dan power seakan menjadi hidup. Kalau biasanya konteks itu hidup dalam masyarakat modern, Wolf menghidupkannya dalam sisi-sisi masyarakat tradisional dan menghubungkannya dengan masyarakat.

Sejarah. Wolf dalam Europe and People Without History menunjukan bahwa sejarah peradaban bukan bersifat linear dan sepihak. Semua yang terjadi sekarang adalah berkat sejarah. Tidak ada masyarakat yang benar-benar tertutup dan unconnected. Semua baginya borderless. Dan sejarah sejatinya bagi dia adalah pertempuran antara kaum capitalist dan labor. Dunia dibentuk oleh interaksi tarik menarik hubungan itu. Membaca masyarakat sekarang haruslah membaca juga membaca interaksinya dengan masyarakat yang lain.

Wolf mengadaptasi pendekatan Marxis yang hadir dalam dinamika fundamental perubahan yang fokus eksploitasi, dominasi dan kolonialisme. Dia menekankan proses terus-menerus penciptaan dan rekonstruksi dunia dimana antropolog kadang cenderung untuk menggambarkan dan menafsirkan masyarakat atau rakyat sebagai memiliki bentuk yang tidak berubah sama atau statik. Menurutnya, itu yang membuat kemudian mereka sering buta terhadap proses perubahan dan pengaruhnya terhadap dan dari masyarakat lain. Dengan kata lain, paradigma yang dominan adalah fungsionalisme antropologi yang ahistoris.

Kekuasaan (Power). Wolf membaca kekuatan dalam konteks social organization. Layaknya Marx ia percaya bahwa manusia sejatinya selalu hidup dalam bayang-bayang kondisi yang tidak punya pilihan jika ia tidak mempunyai kekuatan. Ia membagi power dalam 4 tipe. Yang pertama adalah power adalah atribut dari seseorang, sebagai potensi atau kapabiliti. Yang kedua adalah power dapat dipahami sebagai ability atau kemampuan dari sebuah ego untuk memaksakan kehendaknya dalam suatu perubahan dalam suatu tindakan social, dalam konteks hubungan interpersonal. Yang ketiga adalah, power yang dapat mengontrol setting atau mengoperasikan dimana manusia dapat memperlihatkan potensinya dan interaksinya dengan orang lain. Wolf menyebutnya sebagai tactical power atau organizational power. Kemudian yang keempat adalah power yang tidak hanya mengoperasikan tetapi mengorganisasikan atau mengorkestrasikan setting itu sendiri, dan lebih khususnya mendistribusikan dan mengatur flow energy dari power tersebut. Wolf menilai bahwa power keempat ini adalah power yang menurut Marx adalah kekuasaan capital untuk memanfaatkan dan mengalokasikan kekuataan tenaga kerja, dan merupakan yang menurut Foucoult sebagai kekuasaan sebagai kemampuan untuk menstrukturkan arena tindakan lain atau “ to structure the possible field of action of others” Wolf menggunakan definisi ini sebagai structural power yang berkaitan dengan “the social relation of production” dimana ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa kegunaan power adalah untuk menempatkan dan mengalokasikan tenaga kerja.

Menurut wolf kuncinya adalah pada organisasi. Dimana menurutnya organisasi ini adalah yang mengontrol dan mengatur bagaimana seharusnya hubungan social antar manusia dilakukan melalui alokasi dan control dari sumber daya dan hadiah yang diberikan. Disinilah kemudian power bergerak sangat dinamis untuk menyeimbangkannya. Artinya organisasi dilihat bukanlah sesuatu yang sifatnya static.

uahhmmm…ngantuk telah menyerang dan paperku masih belum selesai..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s