Hotel K alias penjara


20110710-045936.jpg

Ketika berkunjung ke toko buku border, queens bay mall, penang, nampak buku yang membahas tentang Indonesia. Judulnya menarik “Hotel K: The Shocking Inside Story of Bali’s Most Notorious Jail”. Tadinya saya pikir buku tentang tourism atau apa ternyata tentang Hotel prodeo alias penjara. Makna “K” ternyata adalah Krobokan. Nama penjara yang ada di Denpasar, Bali. Pengarangnya adalah seorang reporter Australia, Kathryn Bonella. Sepintas saya baca, buku ini ditulisannya ketika meliput dan menulis buku tentang Schapelle Corby, napi cantik kasus narkoba. Ia melihat bahwa banyak orang asing yang menjadi tahanan di Bali.

Baginya Hotel Kerobokan memang unik. Betapa tidak. Mulai teroris kelas kakap sampai napi narkoba ada disini. Mulai yang tobat sampai malah kecanduan juga ada disini. Mulai juga ingin lari sampai malah kerasan juga ada disini. Ini memang hotel kehidupan.

20110710-053522.jpg

Sesuai judulnya “Hotel K” maka meskipun penjara, fasilitas dan modelnya adalah pelayanan model hotel. Bisa pesan kamar, upgrade kamar, pesan narkoba, sesuatu yang sesungguhnya tidak aneh buat kita orang Indonesia. Jangankan Krobokan yang ada di Bali, jauh dari pusat kekuasaan, Penjara Mabes saja dikadalin oleh gayus. Mungkin fenomena aneh kali ya bagi orang aussie atau orang luar Indonesia.

Tampaknya buku ini bakalan membuat kebakaran jenggot lembaga kehakiman negeri ini. Kita tunggu saja

One thought on “Hotel K alias penjara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s